Rabu, 03 April 2013

Ciri-Ciri Rumah Tangga Muslim

1. Sendi bangunan keluarganya adalah ketakwaan kepada Allah Swt 
Dalam proses memilih suami / istri, melangsungkan pernikahan, hingga  menjalani kehidupan berumah tangga  selalu sejalan dengan petunjuk dan bimbingan Al-Qur'an serta sunnah Rasulullah Saw. Menjalankan semua yang diperintahkan dan menjauhi yang dilarang Allah Swt.


2. Kebahagiaan rumah tangga bukan didasarkan pada materi semata. 
Mereka menyadari bahwa kebahagiaan sejati muncul dari dalam jiwa yang bertakwa kepada Allah Swt. Jika ketakwaan telah menjadi sendi utama, maka kekurangan materi menjadi terasa ringan. Ketakwaan yang ada didalam dada suami - istri memunculkan tsiqah (rasa saling percaya) yang akan melahirkan ketentraman dalam hubungan suami-istri. Sehingga, hubungan antara anggota keluarga akan indah karena semua sadar tentang tanggung jawab dan haknya.

3. Rumah Sederhana
Rumah yang dibangun untuk keluarganya cukup yang sederhana dengan mengutamakan skala prioritas sesuai dengan kebutuhan dan menghindari hal-hal yang berlebihan.



4. Makanan dan pakaiannya juga sederhana
Makanan yang dimakan dan pakaian yang dikenakan mengedepankan aspek kesederhanaan dan kehalalannya, Memprioritaskan nilai gizi, manfaat, dan kebersihan. Menghindari sikap berlebihan (israf) dan bermewah-mewah.

5. Membayar Zakat dan Gemar Berinfak / Sedekah
Semua anggota keluarga dipacu untuk mentaati membayar zakat, memperbanyak berinfak dan bersedekah. Menghindari perbuatan syubhat dan menjauhi yang haram.

6. Anggaran rumah tangga diperoleh dari rezeki yang halal dan baik. 
Semua anggota keluarga menyadari bahwa daging yang terbentuk dari nafkah atau barang haram akah dibakar oleh api neraka. Secara teknis, suami istri menyepakati bersama dalam menentukan besaran dan alokasi anggaran rumah tangga. Prioritaskan untuk memenuhi kebutuhan, bukan memperbanyak daftar keinginan.

7. Mengutamakan hak-hak Allah Swt dan Rasul Saw. 
Misalnya, menunaikan Zakat, menabung untuk pergi ibadah umroh dan haji, sediakan kotak khusus untuk sedekah dan infak bagi kemaslahatan umat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar