Jumat, 15 Maret 2013

Omar Al-Khayyam, Sang Pencipta Kalender

Omar Al-Khayyam

Ia adalah pencinta ilmu dan senantiasa berusaha menambah pengetahuan. Ia juga menyumbangkan ke arah pengembangan ilmu dalam berbagai bidang. Tidak heran jika 30 risalah ilmiah dan empat bukunya dalam bidang metematik, masing-masing tiga buku metafisika dan fisika serta masing-masing satu buku mengenai aljabar dan geometri, menjadi rujukan hingga hari ini.

Mendengar nama Omar Al-Khayyam, asosiasi orang mungkin lantas mengarah kepada sosok seorang penyair besar. Ya, Omar Al-Khayyam atau Umar Al-Khayyam memang seorang penyair besar pada zamannya. Ia sangat terkenal lantaran himpunan puisinya yang berjudul Ruba'iyyat Omar Khayyam. Namanya semakin dikenal sebagai penyair terkemuka ketika hasil puisinya Ruba'iyyat Al-Khayyam dalam bahasa Inggris oleh Edward Fitzgerald.

Ruba'iyyat Al-Khayyam merupakan puisi empat bait, bait ketiga bebas daripada ikatan bait manakala tiga bait yang lain juga terikat. Manuskrip puisi itu mempunyai pengaruh sastra yang besar dengan tema dan makna yang tersembunyi serta penuh falsafah yang dikagumi. Namun, kehebatan Omar tidak hanya sampai disitu. Lelaki kelahiran Nishapur, Iran (Persia), 18 Mei 1048 itu adalah ilmuwan yang terkenal dalam bidang matematik, astronomi dan falsafah.

Nama lengkapnya adalah Ghayyathuddin Abu al-Fath Umar bin Ibrahim al-Khayyam atau al-Khayya. Ia dilahirkan pada 1040 Masehi. Gelar al-Khayyam yang berarti 'kemah' atau 'tenda' diberikan karena ayahnya seorang pembuat kemah.

Omar al-Khayyam adalah seorang yang berpengetahuan luas, sangat pintar dan menghafal banyak hadits Rasulullah Saw. Ia banyak mengarang buku ringkasan mengenai alam tabi'i, menulis risalah mengenai alam semesta dan syariah serta sebuah kitab besar dalam bidang aljabar. Ia menyusun kaidah penting ilmu perkiraan dan cara untuk menyelesaikannya sehingga menjadikan kitabnya, Maqalat fial-Jabr wa al-Muqabila dianggap sebagai penemuan terbaru dalam ilmu aljabar.

Omar pernah diarahkan Sultan Saljuq-Malikshah Jalal al-Din untuk bekerja dan ditugaskan untuk menentukan kalender shalat yang tepat. Omar Khayyam terkenal dalam memperkenalkan kalender yang mendekati waktu shalat yang tepat dan akurat. Kalender itu kemudian dinamakan al-Tarikh al-Jalali. Karena itu, Omar al-Khayyam juga kerap disebut sebagai sang pencipta kalender.

Selain itu, ia juga menyumbangkan ilmunya dalam bidang lain, seperti pembangunan dalam menentukan gravitasi atau gaya tarik bumi. Dalam bidang metafisika, ia telah menulis tiga buku.

Omar al-Khayyam adalah pencinta ilmu dan senantiasa berusaha menambah pengetahuan. Ia juga menyumbangkan ke arah pengembangan ilmu dalam berbagai bidang. Tidak heran jika 30 risalah ilmiah dan empat bukunya dalam bidang matematik, masing-masing tiga buku matafisika dan fisika serta masing-masing satu buku mengenai aljabar dan geometri, menjadi rujukan hingga hari ini. Sumbangannya dalam pembangunan ilmu matematik dan geometri memberi faedah yang amat besar kepada pengembangan ilmu pengetahuan dan menjadi sumber rujukan masyarakat Eropa.

dikutip dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar