Minggu, 24 Maret 2013

Doa Pernikahan

Berikut doa yang sebaiknya kita panjatkan ketika saudara, kerabat atau sahabat kita melangsungkan pernikahan : "Barakallahu laka, wa baarakallahu 'alaika, wa jama'a bainakuma fii khaiir" (Semoga Allah karuniakan barakah kepadamu dan semoga Ia limpahkan barakah atasmu, dan semoga Ia himpun kalian berdua dalam kebaikan). HR. Abu Daud, Tirmidzi dan Ibn Majjah.
Selain itu, setelah pengucapan ijab kabul selesai, kita juga disunnahkan menyampaikan ucapan selamat kepada kedua mempelai yang baru saja menikah dengan doa seperti yang diriwayatkan Rasulullah Saw berikut : "Semoga Allah melimpahkan keberkahan dalam apa saja yang dikaruniakan bagi kalian".
Atau, boleh juga dengan membacakan doa bagi kedua mempelai seperti yang dilakukan Nabi Saw ketika menikahkan Fatimah ra (putri Rasul Saw) dengan Ali bin Abi Thalib ra : "Semoga Allah mempersatukan hati kalian berdua, melimpahkan berkah-Nya atas kalian, memberikan keturunan yang baik bagi kalian dan menjadikan mereka kunci-kunci pembuka rahmat, sumber segala hikmat dan pembawa keselamatan bagi umat".
Doa diatas dilanjutkan oleh Nabi Saw dengan doa berikut : "Semoga Allah mengumpulkan kesempurnaan kalian berdua, membahagiakan kesungguhan kalian berdua, dan mengeluarkan dari kalian berdua kebajikan yang banyak". (Kitab ar-Riyadh an-Nadhrah 2:183, Bab 4).
Berikut doa-doa pernikahan lainnya yang dikutip dari kitab Makarimul Akhlaq :209. Bersumber dari salah seorang cucu Rasulullah Saw, yaitu Imam Ja'far ash-Shadiq putra Muhammad al-Baqir bin Ali Zainal Abidin bin al-Husein (sa) cucu Rasulullah Saw.
1. Ya Allah, karuniakan padaku keturunan, dan jadikan ia anak yang bertakwa dan cerdas, tidak ada kelebihan dan kekurangan dalam fisiknya, dan jadikan kesudahannya pada kebaikan.
2. Ya Allah, dengan amanat-Mu kujadikan ia istriku dan dengan kalimat-kalimat-Mu dihalalkan bagiku kehormatannya. Jika Kau tetapkan bagiku memiliki  keturunan darinya, jadikan keturunanku keberkahan dan kemuliaan, dan jangan jadikan setan ikut serta dan mengambil bagian didalamnya.
3. Ya Allah, karuniakan padaku kelembutan istriku, kasih sayang dan ketulusannya, ridhai aku bersamanya. Himpunkan kami dalam rumah tangga yang paling baik, penuh kasih sayang dan kebahagiaan, sesungguhnya Engkau mencintai yang halal dan membenci yang haram.
BANNER FREE MEMBER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar